Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek – Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel. Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, kesemek juaranya. 


Misalnya saja, kandungan zat serat yang terdapat dalam sebutir buah kesemek ternyata dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel. Buah Kesemek sering di sebut buah genit lantaran suka berbedak gara-gara kulit buahnya ditempeli serbuk putih. Selain itu, lantaran bentuknya mirip apel, kesemek mendapatkan julukan “apel Jawa” alias “bukan apel yang sebenarnya”. Padahal, di balik itu semua, buah kesemek meruapakan salah satu alternatif alami untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.


 Kandungan Buah Kesemek Beberapa kandungan buak kesemek, yaitu : 

  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium. 
  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, 
  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat. 
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. 
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna 
Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah. 


Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma, batuk, dan sakit perut 

Inilah manfaat buah kesemek yang berkhasiat untuk kesehatan kita. Buah yang mempunyai nama lain oriental persimmon memiliki kandungan nutrisi yang banyak sekali. Meskipun buah kesemek sedikit asing, tetapi Anda pernah mendengarnya.

 Buah kesemek mempunyai ciri fisik menyerupai buah apel, bedanya adalah terdapat seperti bedak putih yang menyelimuti kulit kesemek. Buah kesemek yang sudah tua atau matang mempunyai warna jingga, namun ada beberapa kesemek yang mempunyai warna kuning mendekati oranye.

 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Untuk Ibu Hamil 
 Jika dibelah, buah ini mempunyai bentuk daging buah menyerupai pepaya yang setengah matang. Rasanya manis tetapi ketika dikunyah di lidah lebih lembut dari apel. Berbicara mengenai kesemek, kita bisa melihat manfaat buah kesemek bagi kesehatan tubuh kita. Buah kesemek mempunyai kandungan nutrisi yang banyak sekali. Beberapa kandungan nutrisi yang cukup penting untuk tubuh bisa didapatkan dari kesemek, seperti kandungan vitamin A, karbohidrat, protein, kalium dan protein. Tak hanya untuk kita, manfaat buah kesemek untuk ibu hamil pun bisa didapat untuk mencukupi kebutuhan energy setiap hari, serta membantu meningkatkan kadar darah ketika ibu hamil mengalami anemia. Selain itu, kandungan antioksidan pada buah kesemek juga membantu memberi ketahanan tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari penyakit dan serangan virus selama hamil. 

Jika Anda saat ini sedang menjalani program diet, buah kesemek juga menjadi buah yang baik dikonsumsi selama diet. Manfaat buah kesemek untuk diet karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sebagai pengganti nasi, serta kadar protein yang tinggi bisa menjadi penyuplai nutrisi seimbang selama diet. Mengganti nasi dalam diet bukan berarti Anda tidak makan nasi selama diet, tetapi mengurangi porsi nasi dan diganti dengan buah kaya serat dari kesemek. Sebab, kunci sukses dalam program diet adalah mengurangi konsumsi kadar lemak dari makanan dan memperbanyak asupan protein untuk tubuh. Kandungan buah ini bisa menjadi pengganti buah apel jika Anda bosan dengan pilihan buah selama diet. 




 Kabar menggembirakan yang juga datang dari buah kesemek adalah untuk wanita yang ingin tampil cantik alami, putih dan halus berseri. Selain itu, manfaat dari buah kesemek ini juga dapat menyingkirkan penuaan dini pada kulit wanita. Nah, sebelum hal yang menakutkan tersebut dialami pada wajah Anda, lakukan upaya pencegahan dengan baik, salah satunya menggunakan buah kesemek tersebut. Sebab, buah kesemek mempunyai kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin E dan antioksidan. Nutrisi tersebut dipercaya bisa membuat manfaat buah kesemek untuk kulit wajah bisa putih dan mencegah keriput. Antioksidan pada kesemek berperan sebagai anti radikal bebas seperti paparan UV dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Maka kita tidak perlu meragukan manfaat kesemek yang manis tersebut. Maka dari itu, makan kesemek 1 hari sekali menjadi cara paling tepat untuk mendapatkan manfaat buah kesemek. 

Khasiat Buah Kesemek 
Berikut beberapa manfaat dari buak kesemek yang baik untuk kesehatan yaitu : 

  1. Mencegah pengerasan pembuluh darah 
  2. Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal 
  3. Mencegah kanker 
  4. Menghambat proses penuaan dini 
  5. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung. 
  6. Menyehatkan paru-paru 
  7. Menguatkan limpa 
Menjaga agar tubuh tetap langsing Zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek, lagi-lagi kesemek lebih tinggi dari buah apel. 


Resep Obat Herbal dari Buah Kesemek 
 Manfaat buah kesemek yang lain adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain: 
1. Penyakit Hipertensi – Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari. 
2. Penyakit Asma dan batuk berdahak – Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu. 
3. Sakit perut – Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut. 
4. Diare dan disentri – Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

{ 1 comments... read them below or add one }